Cara Menggunakan Rosin Dan Bow



Kenapa senar digesek tidak menghasilkan bunyi?


Jika biola masih dalam keadaan baru (baru saja dibeli, dan bow belum pernah digunakan) hair bow masih licin, sehingga ketika senar digesek tidak akan menghasilkan bunyi. Bow (hair) terlebih dahulu perlu di gosokkan pada rosin atau hars.
Gambar Cara Pakai Bow

Bow hair yang masih baru kelihatan mengkilap dan sedikit berwarna “kecokelatan”, sedangkan hair yang sudah diberi rosin, akan terlihat “putih” (Gambar A).

Bow hair perlu dikencangkan terlebih dahulu sebelum diberi rosin, caranya : putar screw tension kekanan (Gambar B) (untuk mengendorkan – putar kekiri = setelah usai digunakan).

◘ Kencangkan bow secukupnya, jika terlalu kencang bisa menyebabkan hair cepat molor dan mudah putus.

◘ Jika bingung, gunakan pensil sebagai patokan dasar untuk mencari tingkat kekencangan hair. Pensil diletakkan ditengah-tengah bow (Gambar C).

Jarak antara hair dan stick, bila diukur pada bow bagian tengah, diperkirakan sekitar 1 cm, tetapi ini bukan ukuran pasti, cukup atau tidaknya kekencangan hair dapat anda rasakan setelah anda terbiasa menggesek senar.

Rosin Yang Masih Baru
Rosin yang masih baru-pun demikian, masih mengkilap dan licin (Gbr.1). Agar bow yang masih baru dapat digunakan dengan maksimal, sebaiknya rosin digosok menggunakan kertas amplas halus (Gbr.2), hasilnya akan nampak seperti gambar no 3. Dengan demikian, rambut bow yang masih baru (licin) tidak akan mudah putus.
Gambar Rosin atau Hars Baru
Beberapa tahun lalu saya mendapat pengalaman ketika membuat goresan pada rosin dengan menggunakan benda tajam (gambar – rosin goresan kasar), ada 5 helai rambut bow putus, dan langsung saya hentikan, lalu coba berpikir dan mencoba menggunakan kertas amplas bekas, hehehe ternyata hasilnya 10 kali lebih baik.

Catatan : Rosin mudah pecah, jika terjatuh. Jadi berhati-hatilah dalam penggunaannya.

Cintai Alat Musik Anda
Gambar Rosin Goresan Kasar
Berikan rosin secukupnya pada bow, jika terlalu banyak, pada saat bow digesek pada senar, serbuk rosin akan beterbangan kemana-mana seperti bedak, ini dapat terhirup.

Selain berfungsi untuk dapat menghasilkan bunyi pada senar, rosin berperan untuk mengurangi panas yang terjadi akibat gesekan pada senar, jika bow jarang diberi rosin, rambut bow akan lebih cepat molor atau putus akibat panas tadi.

Nah, setelah anda berlatih, debu rosin tentu akan bertaburan pada bow, senar, fingerboard, dan bodi biola. Debu atau serbuk rosin ini jangan dibiarkan, bersihkan dengan menggunakan kain yang lembut, bukan kuas. (lihat tulisan terkait : Serbuk Rosin Yang Menempel Pada Bow Dan Biola).

Latihan Menggunakan Bow Pada Rosin
Kita sekaligus dapat berlatih menggesek (tangan kanan) ketika bow (hair bow) digosokkan pada rosin. Caranya : pegang rosin dan posisikan rosin layaknya senar biola yang akan digesek, lalu mulailah menggesek rosin seperti anda menggesek senar biola. Trik sederhana ini dapat digunakan untuk membiasakan tangan kanan pada teknik memegang bow, tetapi juga untuk melatih gesekan agar lurus.

Semoga Bermanfaat

8 comments:

  1. Tips yg sangat berguna bagi orang awam seperti saya. kalo ada waktu senggang, mampir ke blog saya ya gan...hehehe

    ReplyDelete
  2. Pak, kondisi hair bow saya saat ini cukup memprihatinkan dimana hairnya sudah mulai berserabut terutama di kedua ujungnya & jarak tipis antar hairnya mulai kelihatan serta permukaan hairnya seperti sudah tidak lagi rata, karena biola saya ini sudah lama tidak digunakan (mungkin sudah 6 tahun). Saya ingin bertanya apakah hair pada bow ini bisa kita ganti sendiri?? Adakah penyedia (menjual) hairnya saja atau harus diganti dgn bownya juga?? Mohon pencerahannya pak, terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya hair bownya dijual di toko musik kok gan. Bisa dibeli terpisah sama bow. Mungkin ts bisa lebih menjelaskan

      Delete
  3. Pak, kalo bow sudah digunakan baiknya dikendurkan atau ttp dikencangkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya setelah latihan biola hair bow nya saya kendurkan

      Delete
  4. Kalau sudah dikasih rosin, bow hair nya harus dikendurkan lagi atau dibiarkan kencang?

    ReplyDelete

Sebelum anda meninggalkan respon (komentar / pernyataan / pertanyaan / saran / dan sejenisnya), anda harus sadar sepenuhnya serta menyetujui bahwa :

1) Respon anda sebenarnya bukan untuk diri anda sendiri tetapi dapat berguna untuk orang lain.
2) Respon anda akan dibaca oleh semua orang. Oleh karena itu :

♦ Respon anda harus berkaitan dengan topik. Respon yang tidak sesuai dengan topik, tidak akan disetujui.
♦ Gunakanlah etika dalam menulis, serta bahasa penulisan yang mudah dipahami orang lain.
♦ Disini anda tidak sedang mengetik SMS (Short Message Sent / pesan singkat) untuk teman anda. Kebiasaan menuliskan sms dengan banyak singkatan belum tentu bisa dimengerti oleh semua kalangan.
♦ Anda dimohon untuk tidak memposting link aktif. Respon yang memiliki link aktif tidak akan disetujui.

Baca juga persyaratan lainnya pada : Syarat Dan Ketentuan.

Terima Kasih.