Membuat Tanda Jari Pada Fingerboard Biola


Ada yang pernah bertanya pada saya, bagaimana cara membuat tanda jari pada fingerboard biola?.. Jadi saya akan mencoba menjelaskan secara garis besar lewat tulisan disini. Sebenarnya terdapat dua cara : 

Cara Pertama : 
Menggunakan cara alami, yaitu murni mengandalkan telinga kita dalam mendengar. Jadi: mainkan nada "do re mi fa", atau hanya "do re mi", dimulai dari senar D (sebagai do) atau senar G (sebagai do), kemudian tahan jari anda pada fingerboard, jangan bergeser, kemudian berikan tanda.

Silahkan simak video tips berikut agar bisa lebih mengerti.
Cara Kedua :
Menggunakan digital tuner dan penggaris (centimeter).


Caranya mirip dengan cara pertama. Tapi, mainkan nada “do re mi” sambil diperiksa ketepatan nadanya menggunakan digital tuner, lalu berikan tanda.

Lantas, pernggarisnya untuk apa? penggarisnya digunakan untuk mengukur tanda tadi. Catat ukurannya dan ingat, atau simpan catatan ukuran tadi baik-baik – jika tanda jari terhapus, maka anda tidak perlu repot menggunakan digital tuner lagi.

Anda boleh melihat video tips kedua berikut agar bisa lebih mengerti.
Jika anda kesulitan dalam memberikan tanda jari, atau anda tidak memiliki digital tuner. Anda dapat meniru ukuran centimeter yang saya buatkan pada contoh digambar, dengan sebuah catatan: ukuran biola anda harus full size (4/4). Sedangkan untuk biola berukuran 3/4 – sejauh pengalaman saya, ukuran centimeter untuk biola 4/4 dikurangi antara 1,5 hingga 2 milimeter.

Nah, untuk biola 4/4 :
  • Jarak 1 nada, ukurannya = antara 3 s/d 3,2 cm (hanya posisi dasar – lihat catatan dibawah).
  • Jarak setengah nada, ukurannya = kurang lebih 1,5 cm.
Jadi untuk biola ukuran 3/4 (misalnya dikurangi 1,5 mili), saya bulatkan aja, jadinya :
  • Jarak 1 nada, ukuran centimeternya adalah 2,9 cm
  • Jarak setengah, ukurannya adalah 1,35 cm 
Penjelasan nada pada gambar 2 adalah contoh dari Senar D – Open Strings (senar lepas).

Jadi, 0 (cm) di ukur dari sisi bagian nut yang nempel dengan fingerboard. (lihat gambar) – anda bisa mencocokkan penjelasan dibawah ini dengan gambar diatas (perhatikan keterangan tulisan pada gambar secara seksama).

◘ Dari nada D (open strings – bunyinya do) ke titik nada E (jari telunjuk, bunyinya re), jaraknya 1 nada, memiliki ukuran antara 3 – 3,2 centimeter. Berikan tanda titik ditengah-tengah antara 3 dan 3,2, yaitu 3,1 cm.

◘ Dari nada E (jari telunjuk, bunyinya re) ke titik nada F# (jari tengah, bunyinya mi), jaraknya 1 nada juga. Apabila 3,1 + 3,1 = 6,2 cm.

◘ Dari nada F# (jari tengah, bunyinya mi) ke titik nada G (jari manis, bunyinya fa), jaraknya setengah nada, memiliki ukuran kurang lebih 1,5 cm. Jadi, 6,2 + 1,5 = 7,85 cm.
Catatan penting yang perlu diingat

◘ Ukuran centimeter hanya berlaku sampai nada D,A,E,B (posisi dasar) yang diberi lingkar merah. Mulai dari posisi empat dan seterusnya ukuran tersebut tidak berlaku lagi, karena pada nada (posisi) yang lebih tinggi jarak jari akan semakin dekat dan semakin mumet untuk memberikan tanda – lain ceritanya jika anda memang berniat mengukurnya sendiri hehehe

◘ Jarak jari “jauh dan dekat”– dari setiap orang berbeda. Tergantung pada besar kecilnya jari orang tersebut. Jika jari anda besar/lebar, secara otomatis “jarak dekat” – jarinya harus betul-betul rapat. Jika jari anda tergolong imut-imut/kecil/sedang, maka pada “jarak dekat” – masih terdapat celah diantara kedua jari yang dekat.

***

Baiklah, kurang lebih hanya bisa sampai disini penjelasan saya mengenai ukuran centimeter pada tanda jari yang cukup membuat pusing, selebihnya, semua terletak pada kreatifitas dan kuping anda.

Semoga Bermanfaat

3 comments:

Sebelum anda meninggalkan respon (komentar / pernyataan / pertanyaan / saran / dan sejenisnya), anda harus sadar sepenuhnya serta menyetujui bahwa :

1) Respon anda sebenarnya bukan untuk diri anda sendiri tetapi dapat berguna untuk orang lain.
2) Respon anda akan dibaca oleh semua orang. Oleh karena itu :

♦ Respon anda harus berkaitan dengan topik. Respon yang tidak sesuai dengan topik, tidak akan disetujui.
♦ Gunakanlah etika dalam menulis, serta bahasa penulisan yang mudah dipahami orang lain.
♦ Disini anda tidak sedang mengetik SMS (Short Message Sent / pesan singkat) untuk teman anda. Kebiasaan menuliskan sms dengan banyak singkatan belum tentu bisa dimengerti oleh semua kalangan.
♦ Anda dimohon untuk tidak memposting link aktif. Respon yang memiliki link aktif tidak akan disetujui.

Baca juga persyaratan lainnya pada : Syarat Dan Ketentuan.

Terima Kasih.